Ayo Obah Serentak di 573 Kecamatan Solusi Atasi Kemiskinan di Jateng

SEMARANG – Pelatihan Ayo Obah serentak dilaksaakan di 573 kecamatan di seluruh Jawa Tengah, hari ini Sabtu (2/6/2018). Gerakan tersebut semakin mendapatkan posisi di hati masyarakat, sekaligus sebagai upaya untuk pengentasan kemiskinan. Gerakan ini juga merupakan alternatif untuk pengentasan kemiskinan di Jateng yang masih tinggi. Sekaligus upaya Sudirman-Ida mengurangi kemiskinan dari dari 12,23 persen menjadi enam persen.

“Ayo Obah murni gerakan dari oleh dan untuk masyarakat Jateng. Jadi ini gerakan yang memang dilakukan atas inisisiatif masyarakat,” kata Ketua
Ketua relawan Sudirman-Ida, Ali Khamdi di Markas Perjuangan Merah Putih Jalan Pamularsih Semarang.

Ia menambahkan, Ayo Obah merupakan program pengorganisasian, partisipasi, dan konsolidasi potensi usaha masyarakat, khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Mereka diberikan pelatihan, pendampingan, dukungan permodalan, peningkatan akses pasar, dan pemanfaatan teknologi kepada warga Jateng yang mengikuti program tersebut. “Sejauh ini sudah 3000 lebih yang terlibat dalam Ayo Obah. Dan jumlahnya akan terus bertambah, sampai level desa dan RT/RW,” tandasnya.

Gerakan tersebut murni tanpa ada campur tangan dari pemerintah. Karena masyarakat terlibat, dan memang menarik antusias masyarakat semakin besar. Bahkan, di Brebes pelatihan untuk cukur rambut sudah sukses dan mampu membuka usaha sendiri hanya dengan modal Rp 1,5 Juta. “Jika gerakan ini terus berlanjut, akan semakin banyak masyarakat mandiri secara ekonomi. Itu akan memberikan dampak langsung di masyarakat,” tambahnya.

Gerakan Ayo Obah merupakan alternatif untuk pengentasan kemiskinan dan pengangguran di Jateng. Karena tidak mungkin masyarakat semua diangkat sebagai abdi negara, mengingat belum ada kesempatan dan tak semuanya bisa ikut seleksi. “Nah Ayo Obah ini solusinya, karena semua bisa menjadi pengusaha. Tidak harus besar, tapi yang penting bisa mandiri secara ekonomi,” tandasnya.

Leave A Comment

%d bloggers like this: