Ayo Obah

Ayo Obah

Gerakan AYO OBAH merupakan gerakan kewirausahaan berbasis warga dengan menggabungkan antara pengorganisasian, partisipasi dan konsolidasi potensi usaha masyarakat khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di komunitas. Mengapa kita perlu menggerakan kewirausahaan? Fakta menujukkan negara akan maju berbading lurus dengan rasio wirausaha warganya. Sampai saat ini rasio wirausaha di Indonesia masih rendah hanya 3,1 persen (BPS,2017). Hal ini masih kalah jauh kalau dibandingkan dengan Malasyia yang mencapai 5 persen ataupun Singapura yang mencapai 7 persen.

Gerakan AYO OBAH merupakan gerakan kewirausahaan yang diadopsi dari Gerakan OKE OCE yang diterapkan DKI Jakarta yang telah sukses menciptakan wirausahawan baru di Jakarta. Gerakan AYO OBAH bertujuan untuk melahirkan wirausahawan baru dan juga membuat wirausahawan yang telah memiliki usaha untuk naik kelas. Sebagai sebuah gerakan, AYO OBAH menggabungkan antara aspek pengorganisasian, partisipasi dan konsolidasi potensi usaha masyarakat baik secara perseorangan maupun komunitas.

Menggerakan Kewirausahaan Berbasis Warga

Mengapa kita perlu menggerakan kewirausahaan? Fakta menujukkan negara akan maju berbading lurus dengan rasio wirausaha warganya. Sampai saat ini rasio wirausaha di Indonesia masih rendah hanya 3,1 persen (BPS, 2017). Hal ini masih kalah jauh kalau dibandingkan dengan Malasyia yang mencapai 5 persen ataupun Singapura yang mencapai 7 persen. Di Jawa Tengah sendiri jumlah penduduk miskin pada tahun 2017 sebesar 4,197 juta jiwa. Oleh karena itu kewirausahaan merupakan solusi dalam mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan warga Jawa Tengah.

Gerakan AYO OBAH juga akan mendukung program SETARA: Sejuta Wirausaha Perempuan yang ingin dicapai oleh Pak Dirman dan Bu Ida. Warga Jawa Tengah yang ingin bergabung bersama Gerakan AYO OBAH akan diberikan pelatihan dan pendampingan oleh coach-coach yang mumpuni. Kemudian pada waktunya dukungan permodalan, peningkatan akses pasar dan pemanfaatan teknologi.

Mari Bergabung bersama Ayo Obah