REMBANG – Calon wakil gubernur Jawa Tengah Ida Fauziyah mengunjungi Museum Kartini di Kabupaten Rembang, Jumat (25/5).

Didampingi juru kunci Museum Samidjan, Ida melihat banyak hal peninggalan RA Kartini. Mulai dari surat-surat asli RA Kartini hingga kemudian diterbitkan menjadi sebuah buku “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Pasangan Sudirman Said dalam Pilgub Jateng tersebut juga dengan seksama membaca beberapa bagian tulisan RA Kartini yang divisualisasikan dalam beberapa papan.

Ketua Lembaga Kemaslahatan Keluarga (LKK) PBNU itu juga sempat melihat ruang rias pahlawan emansipasi perempuan Indonesia tersebut.

Hampir semua ruangan di museum tersebut disambangi Ida, dan dijelaskan Samidjan akan sejarah dari benda-benda itu. Mulai dari kotak surat yang dimiliki, mesin ketik, silsilah keluarga, hingga ruang makan keluarga RA Kartini.

Ida Fauziyah mengatakan, kunjungan ke Museum tersebut dilakukan agar dirinya lebih jauh mengenal sosok RA Kartini.

“Tidak hanya pada pemikiran-pemikiran beliau, namun juga tempat tinggal hingga barang-barang bersejarah yang beliau miliki,” ujarnya.

Lewat cara itu, jelas Ida, dirinya juga bisa mengenal lebih utuh tentang RA Kartini. “Apalagi ada beberapa kata yang divisualisasi, sehingga mudah dibaca dan dipelajari oleh semua orang,” paparnya.

Mengenai pemikiran-pemikiran Kartini, Ida mengakui, sangat luar biasa. Sebab Kartini sudah mampu berfikir melampaui zamannya.

“Pemikirannya juga masih relevan sampai saat ini. Bagaimana perjuangan akan hak-hak kaum perempuan,” bebernya.

Ida pun menegaskan akan terus memperjuangkan semangat dari RA Kartini tersebut.

“Kaum perempuan di Jawa Tengah juga harus maju, dan punya kesempatan berada maupun memimpin di berbagai bidang,” tandasnya.

Leave A Comment

%d bloggers like this: