BLORA – Calon wakil gubernur Jawa Tengah Ida Fauziyah berkesempatan meracik kopi klothok saat berada di Blora, Rabu (4/4).

Pasangan Sudirman Said dalam Pilgub Jateng 2018 ini meraciknya di sebuah warung milik Supangat, 51, warga Ngloram, Cepu, Kabupaten Blora yang menjajakan minuman tersebut. Selain kopi, warung ini juga terkenal dengan masakan opor lontong.

Dalam racikannya, Ida menuangkan dua sendok kopi, satu sendok gula, kemudian mencampurnya dengan segelas air yang dituangkan dalam sebuah panci. Selanjutnya, panci yang telah berisi racikan dimasak hingga mendidih.

Karena kompor tidak berada di area depan warung, Ida harus blusukan ke rumah Pangat di bagian dapur. Setelah menyalakan kompor, Ida menaruh panci yang telah berisi racikan minuman tersebut.

Selang lima menit kemudian, Ida mematikan api kompor. Ida kembali membawa panci tersebut ke rumah bagian depan, dan menuangkanya ke sebuah cangkir kecil.

Setelah siap saji, Ida memberikan kopi buatannya tersebut kepada ketua DPC Partai Gerindra Blora Yulianto. “Mantap,” ujar Yulianto usai mencicipi kopi racikan Ida Fauziyah tersebut.

Selain membuat kopi, Ida juga menikmati opor lontong racikan Supangat. Ida pun mengaku cocok dengan masakan tersebut. “Pedasnya itu lho yang mantap,” ujar ketua Lembaga Kemaslahatan Keluarga (LKK) PBNU yang doyan sambal tersebut.

Sementara itu, pemilik warung Supangat mengatakan barang dagangannya selalu habis saat tengah hari.

“Kalau mau beli usai Dzuhur ya harus pesan dulu. Seperti untuk bu Ida dan rombongan ini, karena sebelumnya sudah pesan, maka sore masih tersedia,” bebernya.

Supangat sendiri juga memberikan kenang-kenangan kepada Ida, yakni sebuah panci dan plastik ukuran sedang berisi kopi klothok. “Bisa dibuat sendiri di rumah bu,” tandas Supangat.

Leave A Comment

%d bloggers like this: