TEGAL – Setelah berkeliling pasar dan berdialog dengan nelayan, calon gubernur Jawa Tengah santap siang. Menunya istimewa, Nasi Lengko dan Poci.

Pasangan Ida Fauziyah dalam Pilgub Jateng, Sudirman Said, Rabu (21/2) tersebut keliling kota Tegal. Setelah berjalan kaki menyusuri lorong-lorong pasar Pagi, Pak Dirman melanjutkan dialog dengan nelayan.

Setelah acara selesai, Pak Dirman segera menyusuri pantai meninggalkan lokasi. Agenda selanjutnya berburu makan siang. Setelah berjalan beberapa kilometer meninggalkan Muara Reja, sampailah Pak Dirman di Warma Pi’an. Salah satu warung legendaris di Kota Tegal karena telah berdiri sejak 1926. Warma merupakan kependekan dari warung makan.

Tampak penuh pengunjung warung tersebut. Pak Dirman segera masuk dan melihat-lihat menu pilihan. Ada sate kambing, sate ayam, rames, soto dan lainnya. Tapi ada yang paling spesial, Lengko, menu khas Tegal.

“Pesan Nasi Lengko, mas,” kata Pak Dirman.

“Nasi Lengko ini istimewa. Selain enak, ini juga khasnya Tegal,” katanya.

Untuk melengkapi legitnya nasi Lengko, Pak Dirman pesan Poci gula batu.

“Wah, baru sah ke Tegal itu kalau sudah makan lengko dan minum poci,” kata Pak Dirman, sambil menikmati kudapan di meja.

Nasi Lengko khas Tegal tersebut merupakan nasi yang disajikan dengan paduan kecambah, mentimun dan kerupuk yang disiram bumbu pedas seperti sambal kacang untuk pecel.

Sementara itu, Sastoro, pemilik warung mengaku bahagia warungnya dikunjungi calon gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said.

“Karena beliau makan di sini ya saya doakan semoga menang di Pilgub nanti. Pokoke Nasi Lengko Teh Poci jos,” katanya.

Sumber : Tim Perjuangan Merah Putih

Leave A Comment

%d bloggers like this: