BOYOLALI – Tim relawan Sudirman Said-Ida Fauziyah Peduli Kesehatan Perempuan (PKP) menggelar bakti sosial (Baksos) dalam bentuk pemeriksaan kesehatan gratis yang digelar di Desa Sawahan, Kecamatan Ngemplak, Boyolali pada Jumat (6/4/2018). Sebanyak 150 peserta mengikuti kegiatan berupa pelayanan kesehatan secara cuma-cuma tersebut.

Dewi Herawati, koordinator relawan PKP Sudirman Said-Ida Fauziyah mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan ini adalah bagian dari kampanye kesehatan perempuan Dirman-Ida yang digelar di 100 titik di seluruh Provinsi Jawa Tengah.

Dia menyebut kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian pasangan gubernur dan wakil gubernur nomor urut dua tersebut kepada perempuan. Bentuk pelayanan kesehatan yang diberikan seputar perempuan.

“Meliputi deteksi dini kanker serviks dengan IVA tes, deteksi dini kanker payudara, periksa kehamilan, USG, keputihan, kista, nyeri haid atau menstruasi, haid tidak normal , perdarahan, perut besar, perut nyeri, serta program ingin punya anak dan pemeriksaan gula darah,”katanya.

Dia mengatakan bahwa tenaga medis yang menangani pemeriksaan kesehatan tersebut didatangkan dari Jakarta sebanyak empat orang.

Peserta dapat menyampaikan langsung keluhannya tanpa dipungut biaya. Mereka yang mendapatkan pengobatan gratis itu juga diberi oleh-oleh kalender, kaos, pamplet, serta visi misi pasangan calon Sudirman Said-Ida Fauziyah.

Lebih lanjut, Dewi menyebut bahwa peserta dapat mengambil manfaat dari pemeriksaan kesehatan tersebut serta lebih mengenali lebih awal penyakit yang ada.

“Pasangan Dirman dan Ida sangat konsen terhadap kebutuhan dasar seperti kesehatan dan pendidikan, sehingga kami mengajak masyarakat untuk mendukungnya, tentunya ini adalah salah satu untuk pembuktian Pak Dirman-Mbak Ida peduli dengan warga kecil, menunjukkan kepeduliannya, salah satunya terhadap perempuan, “jelasnya.

Menurut Dewi, tim PKP akan menggelar kegiatan serupa di berbagai titik lain di seluruh Provinsi Jawa Tengah. Adapun, lokasi yang dipilih adalah lokasi yang terbuka dan bisa diakses masyarakat dengan mudah.

“Lokasi yang dipilih, kita open ke publik, relawan-relawan Pak Dirman-Mbak Ida berhak ngajuin baksos. Tolong dong bu, daerah kita dijadikan tempat baksos, kami segera turun untuk menggelar acara baksos,”pungkasnya.

Sementara, koordinator baksos di Ngemplak, Wulan menuturkan bahwa pihaknya sudah melaksanakan baksos dan pemeriksaan kesehatan gratis di empat titik di Kabupaten Boyolali, termasuk di Kecamatan Ngemplak.

“Di Ngemplak ini titik keempat, kemarin di Kecamatan Banyudono sukses, titik kedua Boyolali kota, ketiga di Teras, keempat di Ngemplak, terakhir di Nogasari, mbonggo nanti yang punya kerabat di Nogosari dikabari untuk ikut pemeriksaan gratis dari timnya Pak Sudirman Said-Bu Ida,”katanya.

Leave A Comment

%d bloggers like this: