Pendaftaran Sudirman-Ida diterima, Pilgub Jateng diikuti dua pasangan

Merdeka.com – Berkas pendaftaran pasangan bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said-Ida Fauziyah dinyatakan diterima oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng. Proses selanjutnya adalah verifikasi persyaratan administrasi pencalonan dan pasangan calon.

Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo mengungkapkan Sudirman Said-Ida Fauziyah didaftarkan oleh Partai Gerindra, PKS, PAN, dan PKB. Selain itu, ada Partai Bulan Bintang (PBB) yang tidak memiliki kursi di DPRD Jateng. “Sudah sah diterima. Untuk selanjutnya adalah verifikasi berkas, terutama yang berkas calon. Kalau yang untuk berkas pencalonan sudah semua,” ungkapnya, Rabu (10/1) di kantor KPU Jateng.

Ditambahkan, pasangan Sudirman-Ida sudah memenuhi syarat pencalonan karena kursi yang dimiliki partai koalisi sudah lebih dari 20 di DPRD Jateng. PKB memiliki 13 kursi, Gerindra 11 kursi, PKS 10 kursi, dan PAN 8 kursi.
Menurut Joko, setelah penutupan pendaftaran pada Rabu (10/1) pukul 24.00, maka tahapan akan berlanjut ke verifikasi berkas calon dan pemeriksaan kesehatan. “Kalau yang berkas calon kan perlu diperiksa mendalam, terutama untuk dokumen pribadi calon, keabsahannya perlu diteliti,” paparnya. Sementara untuk pemeriksaan kesehatan, akan dilakukan di RSUP dr. Kariadi.

Dengan komposisi partai pendukung Ganjar Pranowo-Taj Yasin dan Sudirman Said-Ida Fauziyah, Joko menegaskan Pilgub Jateng 2018 hanya akan diikuti dua pasangan calon. Ganjar-Yasin diusung PDIP, PPP, Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Golkar. Pasangan Sudirman-Ida, didukung Partai Gerindra, PKS, PAN, PKB.

Pasangan ini tiba di kantor KPU Jateng sekira pukul 17.25. Sebelumnya, Sudirman-Ida beserta para pendukungnya melakukan Shalat Ashar di Masjid Baiturrahman yang terletak di Lapangan Simpanglima. Mereka berjalan kaki menuju kantor KPU yang berjarak sekitar satu kilometer. Saat tiba di Tugu Air Mancur Jalan Pahlawan, Sudirman Said dan Ida Fauziyah sempat melakukan orasi politik. [bal]

Sumber : https://www.merdeka.com/politik/pendaftaran-sudirman-ida-diterima-pilgub-jateng-diikuti-dua-pasangan.html

Leave A Comment

%d bloggers like this: