Sudirman-Ida Semarakkan Deklarasi Kampanye Damai KPU Jateng

SEMARANG – Deklarasi Kampanye Damai digelar Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah (KPU Jateng), Minggu (18/2). Momentum ini dimanfaatkan tiap pasangan calon untuk berkonvoi dan menyapa pendukungnya di jalanan Kota Semarang.

Diawali dengan senam bersama, pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah selanjutnya menandatangani pernyataan kampanye damai, antihoax, antipolitisasi SARA, dan antipolitik uang. Setelah itu bersama tim sukses keduanya menerbangkan merpati putih sebagai lambang pilkada damai serta balon yang melambangkan kebahagiaan.

Paslon nomor urut 2 ini berada dalam satu mobil kap terbuka dan memulai perjalanan mereka dari depan Kantor KPU Jateng, di Jalan Veteran, Gajahmungkur, Kota Semarang. Para paslon kemudian menuju Bundaran Tugu Muda, Jalan Pandanaran, kemudian mengitari Bundaran Simpang Lima menuju Jalan Pahlawan dan kembali ke kantor KPU. Perjalanan mereka diiringi tim pemenangan juga pimpinan parpol pengusung.

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo menuturkan, adanya acara ini sebagai deklarasi bagi masing-masing peserta Pilgub Jateng 2018 dalam menghindari cara-cara negatif selama masa kampanye berlangsung dari 15 Februari hingga 23 Juni 2018.

Dia mengatakan deklarasi Kampanye Damai Pilgub 2018 ini bertujuan mewujudkan pemilu yang becik tur nyenengke (baik dan membahagiakan), sesuai tagline yang dicanangkan KPU Jateng.”Kita sudah tiga kali membingkai kegiatan yang berupaya meneguhkan komitmen pasangan calon. Bingkai tersebut bertujuan menciptakan kampanye yang beretika dan bermartabat,” paparnya.

Karena saat ini sudah memasuki tahapan kampanye, maka pemilih ditemukan secara langsung dengan pasangan calon. Dia berharap dalam pertemuan tersebut, pasangan calon mampu memaparkan visi misi serta program yang memikat.”Target kita jelas, kampanye tanpa hoax, tanpa politisasi SARA, dan tanpa money politics,” ungkapnya.

Dengan adanya komitmen tersebut dia yakin pasangan calon dan tim sukses tidak akan menggunakan black campaign. Sementara itu, Sudirman Said mengapresiasi KPU Jateng yang memilih tagline Becik Tur Nyenengke.

Leave A Comment

%d bloggers like this: