SEMARANG – Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah nomor urut 2 Sudirman Said-Ida Fauziyah menyebut bahwa Jateng sudah saatnya menjadi lumbung pangan nasional. Untuk mewujudkan hal tersebut, cagub-cawagub yang diusung koalisi Partai Gerindra, PKB, PAN dan PKS ini menyiapkan program desa mandiri pangan.

“Kita akan membangun lumbung-lumbung desa, karena akan lebih baik lagi jika diturunkan tingkat desa, desa mandiri pangan, itu yang akan kita lakukan lima tahun kedepan,”kata Sudirman Said usai memaparkan program 22 janji dan kerja pada Jumat (23/2/2018) di Kota Semarang.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Pak Dirman ini juga memastikan jaminan harga gabah di tingkat petani dengan membentuk BUMD pangan di Jateng. “Insyaallah hal itu bisa kita lakukan selama lima tahun, instrumen ada, regulasi ada dan salah satu yang kita pikirkan adalah pembentukan BUMD pangan,”tandasnya.

Dari sisi kesejahteraan petani, menteri ESDM RI periode 2014-2016 in mengatakan bahwa salah satu program andalannya adalah kartu tani mandiri. “Kartu yang ada sekarang direvisi total dengan kartu tani mandiri, supaya bisa dimanfaatkan oleh petani, kartu yang bersahabat dengan petani dan memudahkan mereka mencapai kesejahteraannya,”jelasnya.

Menurut Dirman, salah satu hal yang menjadi sorotan adalah kesejahteraan para petani setelah masa tua. “PNS dan swasta dapat uang pensiun, lha para petani itu kalau kita tidak siapkan, maka mereka tidak punya gantolan apa-apa ketika masa tua, ini yang harus dipikirkan kedepannya,”tegasnya.

Berdasarkan pengalaman, Dirman mengatakan berbagai program yang ditawarkan kepada masyarakat Jateng tersebut merupakan hal yang bisa dilakukan untuk membangun Jateng yang lebih baik lagi, khususnya dalam upaya pengentasan kemiskinan di Jateng yang masih berada pada angka 13.2 persen.

“Ini kan, bentuk kesungguhan kami bahwa kita bekerja betul, kami, saya dan Bu Ida insyaallah akan menjadi tim yang kuat untuk menyukseskan program tersebut, beliau sangat kuat dalam urusan legislasi, hubungan dengan partai politik, kalau kita niat, kalau kita bersih dan betul-betul pengen membantu masyarakat, target membangun rumah sekolah, kesehatan melapaui,”imbuh Dirman.

Senada dengan Dirman, Cawagub Ida Fauziyah menyebut dirinya bersama Sudirman Said membawa optimisme baru Jateng.

“Kenapa kita sangat percaya diri, ini kan sebenarnya berawal dari satu bulan lebih dari ujung ke ujung, kumpulan dari harapan dan masyarakat jateng. Harus dibangun optimisnya, ini juga janji untuk membawa optimisme Jateng,”tandas perempuan yang merupakan legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Leave A Comment

%d bloggers like this: