WONOSOBO – Calon Gubernur Jawa Tengah nomor urut 2 Sudirman Said berkesempatan mencicipi mie Ongklok yang merupakan kuliner khas Wonosobo pada Kamis (8/3/2018) di Mie Ongklok Longkrang, Jalan Pasukan Ronggolawe nomor 14 Longkrang Kabupaten Wonosobo.

Pria yang akrab disapa Pak Dirman pun menyebut kuliner yang berbahan baku mie ini enak meski dirinya baru pertama kali mencicipinya.

“Belum pernah, ini pertama kali mencoba mie Ongklok, rasanya enak,”katanya.

Menurut Pak Dirman, rasa mie Ongklok enak dan khas karena bahan-bahan yang menyertainya berbeda dengan mie kebanyakan.

“Beda ya, kuahnya pakai Aci juga pakai kacang ya kelihatannya, ini yang bikin enak,”tandas pria yang pernah menjadi Direktur PT Pindad ini.

Secara khusus, Pak Dirman mengapresiasi Jateng sebagai gudangnya kuliner khas daerah.

“Jateng ini hebat, banyak sub kultur yang memiliki kekhasan masing-masing, corak batik sampai kuliner. Dari Semarang sampai Banyumas, Brebes, Mie ini kan khas Wonosobo, di Banyumas ada getuk Sokaraja, belum lagi masakan yang lain, ini adalah pintu masuk pengembangan industri kreatif,”jelasnya.

Untuk terus mengembangkan industri kreatif tersebut, Pak Dirman berencana menggandeng anak muda untuk mengemas berbagai khas daerah, termasuk kuliner untuk dikembangkan.

“Saya pengen ngajak anak muda gemar berkreasi, mengajak mengemas ini semua menjadi sarana promosi, satu tempat dengan media sosial dengan narasi yang bikin jadi sesuatu yang hebat, karena kuliner Jateng jadi obyek mendorong industri kreatif,”paparnya lagi.

Dia menilai anak muda jika dibuatkan mekanisme sistem pengembangan industri kuliner pasti tertarik.

“Jateng itu gudangnya kuliner khas, dari bahan baku ayam, tempe macem-macem itu disini ada tempe kemul, di Banyumas ada mendoan, tahu pletok di Tegal, di Semarang ada lumpia, sehingga anak muda kalau dibuat satu mekanisme sistem pasti tertarik mempromosikannya,”pungkasnya.

Leave A Comment

%d bloggers like this: